13+ Jenis Sambungan Kabel yang Mudah!

Sambungan Kabel – Listrik selalu berkaitan dengan kabel. Apalagi listrik menjadi salah satu energi yang paling dibutuhkan, dan kabel sebagai media transmisinya.

Nah, makanya penting sekali kita membahas instalasi dan rangkaian jaringan listrik, di rumah maupun di bangunan lainya. Karena ini adalah dasar dari instalasi listrik agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan listrik bisa berjalan dengan lancar, tanpa kendala.

Pendahuluan Sambungan Kabel

sambungan kabel

Listrik menjadi energi yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari sepertinya untuk mesin cuci, komputer, isi batre hp, sampai memasak nasi. Semua itu agar lebih mempermudahkan kita.

Dan semua itu membutuhkan kabel untuk trasnmisi aliran listrik. Tapi, terkadang kita butuh yang namanya sambungan kabel ataupu penghubung kabel, untuk bisa menyambungkan komponen-komponen. Sambungan kabel ini banyak jenis dan macamnya, dan tetap berguna pada sambungan listrik.

Memang, lebih baik jika masalah sambungan kabel listrik atau penyambungan kabel listrik ini dilakukan oleh orang yang sudah expert, namun tidak ada salahnya kita bisa melakukanya, dengan catatan tau ilmu dan trampil nan teliti dalam menyambung kabel.

Karena jika salah sedikit saja, bisa sangat berbahaya bagi yang berada di sekitar, bahkan di satu bangunan.

Nah, setelah pendahuluan kita akan masuk jenis-jenis sambungan kabel, ya!

Baca juga: Pembahasan dan Harga Kabel NYY dan 10 Jenis Kabel Lainya!

Manfaat dan Fungsi Sambungan Kabel

manfaat dan fungsi sambungan kabel

Eits, sebelum kita tahu tentang jenis-jenis sambungan kabel yang ada, kita harus tau juga fungsi dan gunanya sambungan kabel ini agar kita gak asal menyambungkan suatu kabel.

Ada beberapa fungsi dan manfaat sambungan kabel, yaitu sebagai berikut:

  1. Terhindar dari percikan api.
  2. Lebih aman dari percikan api.
  3. Membuat sambungan listrik menjadi lebih kuat.
  4. Sebagai salah satu cara mempermudah proses suatu instalasi listrik.

Jenis-jenis Sambungan Kabel Listrik

Dengan berbagai macam-macam sambungan kabel listrik atau jenis-jenis sambungan kabel listrik, membuat kita mampu melakukan penyambungan kabel dengan cara yang berbeda-beda pula. Nah, jenis-jenis sambungan kabel ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, namun jika kita bisa mengusai macam-macamnya, kita bisa melakukan penyambungan kabel sesuai dengan kondisinya.

Sebelum menyambung kabel listrik, kita juga harus tau dengan benar, jenis kabel apa yang ingin kita gunakan. Setelah tau jenis kabel tersebut, kita akan masuk ke jenis-jenis sambungan kabel.

Yuk, let’s go!

1. Sambungan Kabel Ekor Babi (Pig Tile)

sambungan kabel ekor babi

Nama yang sambungan kabel yang satu ini cukuplah unik, karena mirip dengan ekor binatang babi, makanya disebut sebagai sambungan ekor babi atau pig tile.

Sambungan kabel ekor babi adalah sambungan kabel yang paling sederhana dibandingkan dengan sambungan kabel lainya, karena kita hanya perlu menggabungkan 2 kabel dan memelitirnya saja (sampai menyerupai ekor babi). Makanya jenis sambungan kabel ini menjadi andalan para teknisi untuk instalasi listrik di rumah.

Cara Menyambung Kabel Jenis Ekor Babi:

  1. Kupas ujung dari lapisan isolator kabel dengan panjang sekitar 2cm sampai 5cm.
  2. Gabung ujung kabel, lalu lilitkan atau dipelintri ke arah kanan sebanyak 6x.
  3. Setelah itu, potong ujung kabel yang tidak dipakai dengan rapih.
  4. Berikan isolasi terakhir.

Kelebihan dari sambungan kabel ekor babi ini adalah tidak membutuhkan waktu banyak dan tekniknya mudah. Sedangkan kelemahan dari sambungan kabel ekor babi adalah mudah lepas dan tidak stabil, jika ada tarikan pada kabel.

2. Sambungan Kabel Puntir

sambungan kabel puntir

Sambungan kabel puntir bisa dibilang sebagai penyempurna dari jenis ekor babi, karena bisa memberikan solusi pada kelemahan dari jenis ekor babi seperti yang sudah kita bahas di atas.

Sambungan kabel puntir ini termasuk kuat, karena 2 kabel dibaut secara lurus dan menjadi saling mengikat satu sama lainya.

3. Sambungan kabel Bell Hangers

sambungan kabel bell hangers

Ada juga sambungan kabel yang sederhana sama seperti ekor babi, namun yang ini bisa dibilang lebih kuat dibandingkan dengan jenis ekor babi.

Namun, orang kebanyakan lebih memilih memakai sambungan jenis ekor babi, dan tidak ada salahnya jika kalian ingin mencoba yang baru seperti sambungan kabel bell hangers ini.

Cara Menyambung Kabel Jenis Bell Hangers

  1. Kedua lapisan isolator yang berada di ujung kabel dikupas, dengan kupasan yang lebih panjang dibanding jenis ekor babi.
  2. Gabung dan bengkok-an seperti huruf L, kurang lebih sekitar 1,5cm.
  3. Kemudian pelintir ujung kabel ke arah yang lain atau berlawanan, kedua kabel tersebut hingga terikat dengan kuat.

4. Sambungan Kabel Western Union

sambungan kabel western union

Nama jenis sambungan kabel yang satu ini seperti nama semudah layanan pengiriman, ya?

Sambungan kabel ini juga termasuk kuat, dan tidak sesederhana bell hangers namun bukan berarti susah. Jenis ini juga sangatlah umum bagi para teknisi.

Cara Menyambung Kabel Jenis Western Union

  1. Ujung lapisan isolasi kabel dikupas sekitar 5cm sampai 7cm panjangnya.
  2. Jepit pangkal kupasan kabel.
  3. Ujung kabel ditempel dan dipuntir.
  4. Teruskan memuntir ujung kabel yang lainya searah jarum jam sampai sudah terikat dengan sempurna.

5. Sambungan Kabel Bolak-balik

sambungan kabel bolak-balik

Ada lagi jenis sambungan kabel yang bernama bolak-balik, alias bener-bener bolak-balik secara harfiah. Hampir sama dengan sambungan ekor babi dan puntir namun sedikit lebih rumit.

Dengan kerumitanya itulah, sambungan kabel jenis ini lebih kuat dibanding jenis ekor babi maupun sambungan puntir.

Untuk caranya, bisa kalian liat digambar yaaaa!

6. Sambungan Kabel Britania

sambungan kabel britania

5 jenis teratas masih gampang untuk dilakukan? Tenang, kalian bisa mencoba teknik sambungan kabel jenis ini, yaitu sambungan kabel britania.

Teknik jenis ini biasanya diterapkan untuk kabel yang ukuranya besar seperti ukuran 5mm sampai 7mm, yang kebetulan lumayan menguras tenaga jika dipuntir dengan tangan kosong. Makanya, sambungan kabel ini dikolaborasikan dengan kabel yang ukuranya lebih kecil, supaya saat menyambung jadi lebih mudah.

Cara Menyambung Jenis Kabel Britania

  1. Kedua kabel ukuran besar yang ingin disambungkan, dibengkok-an sedikit.
  2. Kabel kecil dipuntirkan mengelilingi bagian kabel yang ukuranya lebih besar.

7. Sambungan Kabel Scarf

Sama seperti jenis sambungan kabel britania, sambungan kabel scarf ini juga membutuhkan kabel yang lebih kecil untuk proses penyambunganya, karena kabel yang disambung utamanya adalah kabel yang ukuranya besar.

Sambungan kabel scarf digunakan untuk kabel yang lebih besar, dengan adanya lilitan kabel kecil yang banyak, dan menyambungkan kabel besarnya dipipihkan.

8. Sambungan Kabel Bercabang Silang

sambungan kabel bercabang silang

Jika ingin menyambungkan lebih dari 2 kabel, maka sambungan kabel percabangan adalah solusi untuk hal tersebut. Biasanya sih 3 sampai 4 kabel yang disambungkan dengan teknik jenis ini.

9. Sambungan Kabel Datar Single Plain Joint

sambungan kabel datar single plain joint

Sambungan kabel yang satu ini juga adalah terusan dari jenis sambungan kabel percabangan.

Kalau mau mengambil sumber dari arus listrik, kita harus mengupas kabel utamanya, dan sambungkan dengan kabel yang ingin ditambahkan pada rentetan pembebananya.

Cara Menyambungkan Kabel Jenis Datar Single Plan Joint

  1. Kupas kabel utama yang ingin disambungkan, biasanya kabel yang menjadi sumber arus listrik.
  2. Kupas ujung kabel yang ingin ditempelkan.
  3. Lilitkan kabel yang ingin disambungkan ke kabel utama hingga menempel dengan sempurna.

10. Sambungan Kabel Datar Knotted Tab Joint

sambungan kabel data knotted tab joint

Jenis yang satu ini, bisa dibilang lebih kuat dibandingkan dengan jenis sambungan kabel (tepat) sebelumnya yaitu single plan joint.

Yang membedakan adalah sambungan kabel ketiga dan kabel utama memiliki ikatan simpul, membuat menjadi lebih kuat dibandingkan jenis sebelumnya.

11. Sambungan Kabel Datar Percabangan Ganda 1 Nadi

sambungan kabel datar percabangan ganda 1 nadi

Masih cocok untuk sambungan kabel yang bercabang, sambungan jenis ini termasuk sambungan percabangan kabel yang mudah, lho. Bisa kalian liat di gambar untuk lebih jelasnya.

Caranya cukup mudah, yaitu lilitkan kedua kabel yang akan disambungkan pada kabel utama dengan cara bersamaan dengan lilitan yang kuat dan sempurna.

12. Sambungan Single Wrapped Cable Splice

sambungan kabel single wraped cable splice

Panjang juga ya namanya, dan serumit itu juga lho penyambunganya. Bisa dibilang ini level up dari sambungan kabel scraf.

Sambungan jenis ini adalah yang mengharuskna kita untuk menyambungkan banyak kabel, mulai dari 1 per 1 dengan arah sambungan kabel jenis bell hangers, lalu disatukan lagi dengan rapih dan sempurna.

Karena rumitnya-pun kabel ini juga sangat kuat, dan pastinya usaha dan waktu akan memakan lebih banyak, ya!

13. Sambungan Kabel Mata Itik

sambungan kabel mata itik

Ya, sama seperti ekor babi, nama jenis sambungan kabel mata itik juga menyerupai dari mata sang itik yang berbentuk bulat. Walaupun secara harfiah bukan jenis sambungan kabel, melainkan yang bertujuan untuk menempatkan sekrup atau baut supaya kabel melekat sempurna, namun ini sangat berguna pada penyambungan kabel pada fiting, saklar, dan yang lainya, lho!

Biasanya digunakan pada pada jenis kabel inti tunggal, yang bisa ditemui pada sebuah pitingan lampu.

Cara Menyambung Mata Itik

  1. Siapkan tang pembulat ataupun tang lancip.
  2. Saat pemasangan, posisi penyimpanan sambungan harus searah dengan jarum jam.

Baca juga: Terlengkap! 8 Susunan Warna Kabel Straight dan Cross

14. Sambungan Kabel Listrik T

sambungan kabel listrik T

Nah, ini memang bukan jenis teknik menyambung kabel, namun ini menjadi alat yang bisa dipakai untuk mempermudah sambungan kabel, mengambil listrik ke kabel, tanpa perlu potong dan sambung kabel lagi. Istilahnya ada banyak, seperti cabang, split, simpang 3, dan sebagainya.

Kelebihan dari sambungan kabel listrik T ini antara lain:

-Tidak perlu kupas kabel.
-Tidak perlu sambung atau memakia lakban lagi.
-Tidak mudah lepas.
-Bongkar pasang yang mudah.
-Menghemat waktu

Dan ini bisa dipakai di kabel serabut, tunggal, enamel, dan sebagainya.

Cara pakai:
Pertama masukan kabel ke komponen B tanpa dikupas, lipat lalu tekan komponen B sampai terkunci, dan masukan komponen A ke B.

Video Cara Menyambung Kabel yang Benar

Penutup

Itulah jenis-jenis dari teknik cara menyambungkan kabel plus beberapa dikasih kelebihan dan kekurangan, juga tidak ketinggalan caranya. Walaupun sebagian masih belum bisa terjelaskan secara terinci, semoga bisa membantu kalian mengeksplorasi lagi tentang menyambung kabel.

Semoga kalian suka, dan bermanfaat. Sampai jumpa lagi di artikel lainya. Sampai jumpa!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *