PlayStation 5 (PS5) BELI apa TIDAK? Yuuk cek dulu sebelum membelinya

officialtollfree – Bagi anda yang suka ataupun gemar bermain game, pasti nya anda sudah tidak asing lagi dengan konsol game bernama PlayStation. Playstation ini diproduksi oleh Sony pada tahun 1990-an silam. PS5 merupakan salah satu rangkaian konsol game yang berasal dari developer konsol terama yaitu Sony. PS5 ini diumumkan akan dirilis pada tanggal 12 November di Amerika, Jepang , dan Korea Selatan. Sedangkan untuk negara lainnya seperti Indonesia, PS 5 akan dirilis pada tanggal 19 November 2020.

PS5 apakah pantes kamu beli

Spesifikasi PS 5

Dalam Spesifikasi Sony PS 5 tentunya Sony terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas dari PS itu sendiri. PS 5 memiliki peningkatan di bagian CPU dan juga SSD. Sebagai perbandingan, PS 4 menggunakan CPU AMD Jaguar octa – core, GDDR5 8GB dengan menggunakan CPU AMD Radeon, menggunakan HDD sebanyak 500GB – 1 TB . Sedangkan PS 5 mengunakan CPU AMD Zen 2 octa core, GDDR 6 serta GPU AMD RDNA 2 dengan SSD 825 GB dengan performa 5.5 GB/ Detik. Sungguh perubahan yang cukup signifikan, ya?

Gambar yang dihasilkan oleh PS 5 juga mendukung grafik 8K dengan efek suara 3D untuk mendukung sensasi bermain yang lebih nyata.  PS 5 juga disematkan oleh RAM sebesar 16GB GDDR 256Bit dengan bandwith 448 GBps dengan expandable storage yang mana anda bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan. Dengan memory bandwith 448 GBPS dijamin gaming kamu bakal ngebut banget !. Tujuan Sony dalam menyediakan SSD super besar tersebut yakni ingin para pengguna PS 5  bisa menikmati permainan tanpa adanya loading.

Berikut adalah Spesifikasi PS 5 Secara Lengkap

  • CPU : 8 x Zen 2 Cores, 3.5 GHz wih SMT (variable frequency)
  • GPU : 10.28 TFLOPs, 36 Cus 2.23 GHz (variable frequency)
  • External Storage : USB HDD Support
  • Expandable Storage : NVMe SSD Slot
  • IO Troughput : 5.5 GB/s (Raw), Typical 8 – 9 GB/s (Compressed)
  • Memory Bandwith : 448 GBps
  • GPU Architecture : Custom RDNA 2
  • Memory / Interface : RAM 16 GB DDR6 / 256bit
  • Optical Drive : 4K UHD Bluray Drive
  • Internal Storage : Custom 825 GB SSD

Dengan spesifikasi canggih sebagai berikut, Sony tidak hanya meningkatkan di bagian chip GPU dan CPU saja. Melainkan, Sony juga meningkatkan di bagian internal storage.

Perbedaan PS 5 Reguler / PS 5 Digital Edition

Perbedaan yang cukup signifikan antara PS 5 Reguler dengan PS 5 Digital Edition adalah di bagian drive cakram nya. PS 5 Digital Edition tidak memiliki cakram di bagian depannya sedangkan PS 5 Reguler memiliki Drive Cakram di bagian depannya. Yang mana berarti pengguna PS 5 Digital Edition tidak bisa memainkan game yang berasal dari bluray fisik, melainkan penggunanya harus mengunduh beragam permainan nya dari PS Store.

Keunggulan PS 5 Digital Edition terletak dalam desainnya. Dengan menghilangkan cakram di bagian depan, PS 5 Digital Edition menjadi lebih “ramping”  dibandingkan dengan PS 5 Reguler. Selain itu, Tombol – tombol yang menghiasi body dari PS 5 Digital Edition juga lebih sedikit dibandingkan PS 5 Reguler. PS 5 Digital Edition hanya menggunakan tombol ON / Off untuk menyalakan konsol tanpa adanya tombol eject  untuk mengeluarkan cakram.

Harga PS 5 atau PS 5 Digital Edition

Perkiraan harga yang dibanderol untuk PS 5 Reguler adalah Rp.7,3 Juta sedangkan untuk PS 5 Digital Edition lebih murah, yaitu di kisaran harga Rp. 5,9 Juta Rupiah. Tetapi ingat yaa harga tersebut belum termasuk Pajak di Indonesia dll, jadi kemungkinan besar harga tersebut untuk sampai di Indonesia pastinya lebih mahal.

Tentunya harga segini sangat wajar untuk konsol game dengan spesifikasi dewa di atas. Apabila anda membeli PS 5 ini, dijamin tidak akan rugi oleh gameplay yang dihasilkan oleh PS 5. Tapi sebelumnya, izin dulu ya sama istri / orang tua. Takut nya udah beli malah gak dibolehin main lagi, hehehe!

Oke sekian saja serba – serbi PS 5 yang akan datang. Selamat mencoba!

Baca Juga : PC Office atau PC Gaming? Yuuk Ketahui Dulu Sebelum Merakitnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *