pengertian jaringan komputer

Pengertian Jaringan Komputer dan 4 Hal Lainya yang Wajib Diketahui!

Pengertian Jaringan Komputer – Komputer, seperti yang kita tahu sekarang ini, sangat diperlukan di semua bidang usaha, seperti pertanian, pendidikan, kedokteran, teknologi, transportasi dan sebagainya. Oleh karena itu, ada kebutuhan yang jelas bagi suatu organisasi untuk memiliki inter-network atau antar jaringan komputer untuk membantu berbagi dan pengambilan data, dan manajemen penggunaan sumber daya komputasi yang efisien.

Maka kita akan membahas semua yang berhubungan dengan jaringan komputer, dari mulai pengertian jaringan komputer itu sendiri, jenis dan tipenya, contoh, dan sebagainya, dan kawan-kawanya. Jadi sekarang tetap scrolling dan baca artikel ini, ya!

Inilah jaringan komputer dan serba-serbinya!

Baca juga: Pengertian LED

Pengertian Jaringan Komputer

pengertian jaringan komputer

Banyak pendapat yang mengartikan tentang jaringan komputer ini, tapi kami rangkum sedemikian rupa agar bisa mudah dipahami oleh kalian semua.

Pengertian jaringan komputer adalah dasar komunikasi dalam IT, mereka digunakan dalam berbabgai cara dan bisa mencakup berbagai jenis jaringan. Atau sekumpulan komputer yang terhubung bersama hingga bisa saling berbagi informasi dan data.

Pengertian jaringan komputer secara singkat adalah sarana di mana komputer saling terhubung untuk berbabgi data dan informasi, sumber daya, dan semua perangkat jaringan lainya seperti printer.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

pengertian jaringan komputer menurut para ahli

Para ahli di bidang IT juga memberikan pendapatkan tentang jaringan komputer ini. Apa saja, sih yang dikatakan para ahli tentang jaringan komputer? Yuk, kita simak.

Kata Budhi Irawan, jaringan komputer itu adalah sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat jaringan lainya, saling bekerja sama agar mencapai satu tujuan yang sama.

Zymon Machajewski juga mengatakan kalau seperangkat komputer yang saling terhubung dalam waktu yang sama untuk bisa mencapai tujuan utama, yaitu saling bagi dan menerima sumberdaya adalah pengertian dari jaringan komputer.

Wikipedia juga ikut menjelaskan tentang jaringan komputer, yang diartikan sebagai sistem yang terdiri atas banyaknya komputer yang dibuat dengan sengaja untuk bisa bagi dan menerima, komunikasi, dan saling akses informasi dari komputer lainya.

Kristanto mengeluarkan pendapatnya tentang pengertian jaringan komputer, yaitu organisasi komputer otonom yang terkoneksi satu sama lainya, dengan hanya ada satu protokol komunikasi, sehingga satu komputer dengan komputer lainya bisa terhubung dan berbagi informasi, data, program, sumber daya, hingga bisa mengakses hardware lainya.

Dan beberapa lagi pendapat para ahli tentang pengertian jaringan komputer. Dari sini kita dapat menyimpulkan kalau jaringan komputer adalah suatu jaringan antar komputer yang saling terhubung dan bisa mengakses atau berbagi informasi dll antar satu sama lainya.

Apa Manfaat dari Jaringan Komputer?

manfaat jaringan komputer

Jaringan komputer digunakan untuk melakukan banyak tugas, melalui berbagai informasi. Karena jaman sekarang serba internet, komputer, alias online maka penggunaanya atau manfaatnya menjadi macam-macam.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita gunakan jaringan komputer:

  • Berkomunikasi menggunakan emai, video, pesan cepat, dan metode lainya.
  • Saling berbagi akses perangkat atau devices seperti printer, scanners, dan mesin fotokopi.
  • Berbagi file.
  • Berbagi software atau perangkat lunak dan program operating pada sistem jarak jauh.
  • Mengizinkan pengguna jaringan atau network untuk mengkakses dengan mudah informasi dan memiliharanya.
  • Proses dalam transfer data dapat dilakukan saat itu juga dengan cepat dan efisien, dan tentu saja keamananya terjamin.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan atribut yang berbeda seperti ukuran fisik, mode koneksi, jenis perangkat, dll. Untuk pengenalan yang mudah, mari kita lihat klasifikasinya dalam hal ukuran fisik. Apakah ada yang familiar atau asing di telinga anda?

Jenis Ukuran Fisik atau Jangkauanya

Local Area Network (LAN)

local area network

LAN jenis jaringan komputer yang berhubungan dengan (biasanya) area kecil dan sebagian besar terbatas pada satu tempat; misalnya, jaringan warnet, lab. komputer, atau suatu bangunan organisasi.

Network rumah atau bagunan kecil dikenal sebagai SOHO LAN (Meaning Small Home Office Local Area Network). Dalam jenis jaringan ini, biasanya ada beberapa komputer dan perangkat jaringan lainya, switches dan router yang terlibat.

Metropolitan Area Network (MAN)

metropolitan area network

MAN adalah jenis jaringan komputer yang lebih besar dari LAN tetapi tidak seluas WAN (Wide Area Network). Ini adalah perantara antara LAN dan WAN, mencakup lebih banyak area daripada LAN dan memiliki jumlah komputer yang lebih banyak, bisa juga disimpulkan sebagai gabungan dari beberapa LAN.

Dalam jenis ini, penggunaan router digunakan dengan baik untuk pemisahan jaringan dan intergrasi, dan itu memerlukan pemeriksaan administratif lebih lanjut karena ukuranya.

Wide Area Network (WAN)

wide area network

Ini adalah bentuk jaringan komputer terbesar yang membentang ribuan hektar. Bisa melintasi negara bagian dan negara lainya. Tidak ada batasan untuk jumlah komputer dan perangkat jaringan atau sumber daya yang terlibat. WAN menggunakan semua perangkat jaringan yang diperlukan seperti switches, router, hub, bridge, repeater, dll.

Jenis jaringan ini biasanya memerlukan pemeriksaan administratif penuh waktu, karena jika ada error atau gagal dapat menyebabkan kehilangan data besar-besaran ataupun pencurian data.

Personal Area Networks (PAN)

PAN adalah jaringan pribadi yang didasarkan pada ruang kerja individu. Perangkat individu adalah pusat dari jaringan, dengan perangkat lain yang terhubung denganya. Ada juga jaringan area pribadi yang nirkabel.

Home Area Networks (HAN)

home area network
vc

Jaringan area rumah mengubungkan perangkat dalam lingkungan rumah. Ini termasuk komputer pribadi, smartphone, printer, TV, dan perangkat lainya.

Campus Network

campus area network

Jaringan kampus adalah LAN atau serangkaian LAN yang terhubung yang digunakan oleh lembaga pemerintah, universitas, perusahaan atau organisasi serupa dan biasanya merupakan jaringan di seluruh rangkaian bangunan yang berdekatan.

Enterprise Private Networks

enterprise-private-network

Network atau jaringan pribadi suatu perusahaan digunakan oleh perusahaan untuk menghubungkan bebrbagai situsnya sehingga lokasi yang berbeda dapat berbagi sumber daya.

Internetworks

Internetworks menghubungkan jaringan yang berbeda bersama-sama untuk membangun jaringan yang lebih besar. Internetworking sering digunakan untuk menggambarkan membangun jaringan global yang besar.

Backbone Network (BBN)

backbone network

Adalah bagian dari jaringan yang menghubungkan bagian-bagian yang berbeda dan menyediakan jalur untuk pertukaran informasi.

Global Area Network (GAN)

global area network

Jaringan area global adalah jaringan di seluruh dunia yang menghubungkan jaringan di seluruh dunia juga.

Jenis Pola Operasinya

Pola operasi juga dimiliki oleh jaringan komputer, khususnya saat mereka saling bekerja dan koneksi. Kenapa ada pola operasi? karena setiap jaringan komputer pasti ada servernya, dan sebelum seluruh komputer itu saling terhubung dengan jaringan yang ada maka perlu dibuat server. Sekarang kita akan melihat jensi pola operasinya.

Jaringan Peer to Peer

peer to peer

Jaringan peer to peer (P2P) adalah suatu kumpulan dari 1 atau lebih komputer sever dan clientnya. Tapi, biasanya hanya ada beberapa komputer client saja dalam satu server.

Fungsi dari server ini agar bisa menyediakan sumber data yang ada dan komputer client bisa menggunakan hingga mengatur sumber daya dan data tersebut. Contoh yang memakai peer to peer adalah warnet.

Jaringan Client-Server

client-server-network

Jaringan client-server didefinisikan sebagai jenis jaringan online yang spesifik, terdiri dari satu komputer pusat yang menjadi server, mengarahkan beberapa komputer lain disebut sebagai client. Dengan mengakses server, client dapat mengakses file bersama dan informasi yang disimpan di komputer server.

Mirip dengan peer to peer, tapi hanya server yang dapat melakukan transaksi tertentu.

Jenis Media Transmisi-nya

Media transmisi ini berarti media yang komputer pakai untuk bisa mengirimkan data ataupun sumber daya. Bisa dengan peer to peer atau yang lainya. Coba kita lihat ada apa aja sih jenis media transmisi ini.

Wired Network atau Jaringan Berkabel

wired network

Dalam terminologi computing, wired atau kabel adalah istilah yang digunakan untuk membedakan antara koneksi nirkabel atau wireless dan yang menggunakan kabel. Perangkat yang wireless ini saling berkomunikasi melalui udara, dan wired menggunakan kabel fisik untuk transfer data ke berbagai perangkat dan sistem komputer.

Wired network ini tipe umum dari konfigurasi kabel. Sebagian besar jaringan kabel menggunakan kabel ethernet untuk transfer data antara PC yang terhubung.

Wireless Network atau Jaringan Nirkabel

wireless network

Berbeda dengan wired network yang memakai kabel, wireless network ini jaringan komputer yang tidak terhubung dengan kabel apapun. Penggunaan jaringan nirkabel memungkinkan perusahaan untuk menghindari proses yang memakan biaya untuk memasukan kabel ke dalam gedung atau sebagai koneksi antara hardware yang berbeda lokasi.

Dasar dari sistem nirkabel adalah gelombang radio, suatu implementasi yang terjadi pada tingkat fisik struktur jaringan.

Jenis Distribusi Sumber Informasi Data

distribusi sumber informasi data

Kalau membahas bagaimana caranya jaringan komputer bisa mengantarkan data dan sumber daya, maka kita akan berbicara tentang distribusi. Dalam jaringan komputer juga ada jenis distribusinya, yaitu jaringan terdistribusi dan jaringan terpusat.

Jaringan Terdistribusi

Terdistribusi menandakan ada beberapa pusat data atau server pada suatu jaringan, yang jika ada bentukan suatu kelompok yang terdiri dari banyak komputer, maka jaringan komputernya bisa dibuat fleksibel.

Walaupun keliatanya lebih baik, tapi jenis distribusi ini masih kurang umum, karena masih ada beberapa kesulitan dalam mengatur jaringan ini.

Jaringan Terpusat

Nah, berbeda dengan yang terdistribusi, jaringan terpusat ini hanya memakai satu server, yang bisa menghubungkan beberapa client atau banyak client sekaligus hanya dalam satu waktu. Nantinya server akan membuat sumber daya yang menjadi perantara antara satu client dengan client lainya, dengan internet protokol.

Ada beberapa istilah yang dipakai dalam jenis jaringan terpusat, seperti dumb terminal atau terminal bisu yaitu terminal yang tidak mempunyai tool pemroses data.

Topologi atau Jenis Koneksi Jaringan

Ada juga beberapa jenis koneksi jaringan yang memperhatikan bagaimana elemen-elemen dalam jaringan bisa saling terhubung. Topologi digunakan untuk menghubungkan komputer, dengan ring yang dibagi menjadi tipe paling umum karena Ethernet mendukung internet, jaringan area lokal maupun jaringan area luas.

Inilah beberpa jenis topologi atau koneksi jaringan

Star Topology

star topologi

Star topologi ini pusat menghubungkan kabel ke setiap komputer di jaringan ini. Setiap komputer dalam jaringan ini memiliki koneksi independen ke pusat jaringan, dan satu pemutusan koneksi tidak akan mempengaruhi sisa jaringan lainya.

Namun, satu kelemahannya adalah bahwa banyak kabel diperlukan untuk membentuk jaringan semacam ini.

Bus Topology

bus topologi

Bus topologi, menggunakan satu kabel yang menghubungkan komputer. Informasi untuk node terakhir pada jaringan ini harus dijalankan melalui setiap komputer yang terhubung. Diperlukan lebih sedikit pemasangan kabel, tapi jika kabel putus berarti tidak ada komputer yang dapat mengakses jaringan.

Ring Topology atau Topologi Cincin

ring topologi

Ring topologi mirip dengan bus topologi. Ia menggunakan kabel tunggal dengan titik akhir terhubung satu sama lain, hinga sinyal dapat melingkari jaringan ini untuk menemukan penerimanya. Sinyal akan mencoba beberapa kali menemukan tujuanya bahkan ketika node jaringan tidak berfungsi dengan baik.

Ring topologi ini memiliki simpul pusat yang merupakan hub, router, atau switch. Perangkat ini memiliki topologi dering internal dan memiliki tempat untuk memasang kabel. Setiap komputer di jaringan ini memiliki kabel sendiri untuk menyambungkanya ke perangkat masing-masing. Di kantor, ini mungkin berarti memiliki lemari kabel, di mana semua komputer terhubung ke lemari atau switch.

Network Protocols

network-protocol

Protokol jaringan adalah bahasa yang digunakan perangkat komputer untuk berkomunikasi. Protokol yang didukung jaringan komputer menawarkan cara lain untuk mendefinisikan dan mengelompokanya. Jaringan ini dapat memiliki lebih dari satu protokol dan masing-masing dapat mendukung aplikasi yang berbeda.

Protokol yang sering digunakan termasuk TCP/IP, yang paling umum di internet dan di home network.

Jaringan Kabel dan Nirkabel

wired wireless network

Banyak koneksi yang menggunakan kabel, namun sudah jamanya teknologi nirkabel untuk tumbuh dan menjadi jauh lebih populer. Wi-Fi dan teknologi nirkabel lainya telah menjadi pilihan favorit untuk membangun jaringan komputer.

Salah satu alasanya adalah bahwa jaringan nirkabel dapat dengan mudah mendukung berbagai jenis gadget seperti smartphone dan tablet. Jaringan seluler sekarang menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan karena tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Key Networking Terms

  • Open system: Sistem terbuka terhubung ke jaringan dan disiapkan untuk komunikasi.
  • Closed system: Sistem tertutup tidak terhubung ke jaringan sehingga tidak dapat dikomunikasikan.
  • IP Address (Internet Protocol): Alamat jaringan sistem di seluruh jaringan, yang juga dikenal sebagai Logical Address.
  • MAC Address: MAC address atau physical address secara unik mengidentifikasi setiap host. Ini terkait dengan Network Interface Card (NIC).
  • Port: Port adalah saluran di mana data dikirim dan diterima.
  • Node: Node adalah istilah yang digunakan untuk merujuk ke perangkat komputasi apapun seperti komputer yang mengirim dan menerima paket jaringan di seluruh jaringan.
  • Network Packets: Data yang dikirim ke dan dari node dalam jaringan.
  • Router: Router adalah bagian dari perangkat keras yang mengelola paket router. Mereka menentukan dari mana asal informasi itu dan dari mana ia mengirimkanya. Router memiliki protokol router yang mendefinisikan cara berkomunikasi dengan router lainya.
  • Network Address Translation (NAT): Teknik yang digunakan router untuk menyediakan layanan internet ke lebih banyak perangkat yang menggunakan IP publik lebih sedikit. Router memiliki alamat IP publik tetapi perangkat yang terhubung denganya diberi IP pribadi yang tidak dapat dilihat orang lain di luar jaringan.
  • Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP): Memberikan alamat IP dinamis ke host dan dikelola oleh penyedia layanan internet.
  • Internet Service Provider (ISP): Perusahaan yang menyediakan semua orang dengan koneksi internet mereka, baik untuk perorangan maupun untuk bisnis dan organisasi lain.

Penutup

Itulah tadi membahas kita yang cukup lengkap, dari mulai pengertian jaringan komputer, jenisnya, dan sebagainya. Artikel pengertian jaringan komputer ini semoga bisa membantu memecahkan masalah kalian dalam mengetahui pengertian jaringan komputer.

Setelah artikel pengertian jaringan komputer ini, kita akan bertemu lagi di artikel-artikel bermanfaat lainya. Semoga kalian tetap suka, ya! Dah!

Leave a Comment