PC Office / Gaming? Yuuk Ketahui Dulu Sebelum Merakitnya

officialtollfree – Sebelum anda menjelajah lebih jauh, anda harus mengetahui apa tujuan PC (Komputer) anda nantinya. Apakah untuk bermain game? Apakah untuk berkerja, browsing dan streaming saja? Dengan begitu anda bisa mendapatkan jawabannya di sini.

Akan sangat disayangkan jika anda menggunakan spesifikasi  PC gaming  hanya untuk digunakan untuk perkerjaan kantoran seperti browsing, streaming. Dan begitu juga sebaliknya, apabila anda menggunakan PC untuk gaming, maka anda harus menggunakan PC khusus gaming. Jika anda menggunakan PC khusus kantoran lalu dipakai untuk bermain game, maka game yang anda mainkan bisa saja force close atau lebih parahnya game anda stuck terus menerus.

Rakit PC Office VS Gaming

Untuk anda yang mempunyai space lebih dan ingin berkerja atau bermain  secara leluasa, anda bisa menggunakan PC sebagai alternatif penggunaan laptop. Sebelum kita masuk lebih jauh ke pembahasan, mari kita membahas sedikit dari PC itu sendiri. Pada umunya saat ini PC dibagi menjadi dua tipe yaitu :

  1. Penggunaan Kantoran
    Tipe PC kantoran membutuhkan spesifikasi yang hanya digunakan untuk pekerjaan PC yang lebih ringan, misalnya dalam penggunaan Microsoft Office. Untuk memiliki PC tipe kantoran anda tidak perlu bersusah payah untuk merakit dengan spesifikasi tinggi tetapi usahakan menggunakan Windows versi terbaru agar dalam penggunaan Microsoft bisa maksimal.
  2. PC Gaming
    Untuk gaming  sendiri anda harus memperhatikan spesifikasi apa – apa saja yang diperlukan untuk keperluan game tersebut. Jangan salah, gaming di zaman sekarang sudah digaung – gaungkan dimana saja karena gaming sendiri termasuk ke dalam cabang olahraga yaitu E-Sport. Maka perakitan PC gaming ini harus secara maksimal agar performa komputer anda tidak drop.

Komponen PC (Personal Computer) Antara PC Office & Gaming

1. Proccessor / Procie
Procie ini bagaikan otak bagi komputer. Untuk mengetahui komputer lemot atau tidaknya biasanya diketahui dari versi apa yang sedang digunakan. Procie sendiri dikeluarkan oleh 2 brand yang sama – sama ternama yaitu adalah Intel dan AMD.

  • Intel
    Intel di tahun 2020 ini merilis generasi ke 10. Intel memiliki berbagai tipe, yaitu i3, i5 dan i7. Hampir disetiap tahunnya intel mengeluarkan generasi baru.
    Rekomendasi
    PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli intel i5 gen 8
    PC Gaming : Minimal anda membeli intel i7 generasi 9
  • AMD
    AMD sendiri memiliki beberapa generasi. Mulai dari yang paling awal yaitu AMD K5, lalu AMD K6, AMD Duron, AMD Athlon, AMD Athlon 64 x2, AMD Athlon 64FX, AMD Sempron, AMD 64 V2 Core, AMD Opteron, AMD Cadiz, dan dengan versi akhir nya yaitu generasi terbaru dari AMD adalah AMD Orochi (dikenal dgn AMD Bulldozer).
    Rekomendasi :
    PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli AMD A8 9600
    PC Gaming : Minimal anda membeli AMD Ryzen 3 3300X

2. Mobo (Motherboard)

Mobo merupakan komponen yang juga tidak kalah pentingnya dari komponen lain. Mobo digunakan untuk memasang komponen – komponen pada PC nantinya. Untuk penggunaan mobo di tahun 2020, anda bisa mempertimbangkan mobo – mobo dibawah ini :

  • Asus ROG Maximus XII Hero
  • Gigabyte Z490 Gaming X
  • Msi MEG Z490
  • AsRock x299 Taichi

Untuk MSI sendiri dan Asus ROG memang memiliki harga yang tidak murah, namun sepadan dengan kualitas yang akan diberikan oleh kedua Mobo tersebut.

Rekomendasi
PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli
Asrock B550M-HDV
PC Gaming : Minimal anda membeli ASUS ROG Strix Z270G Gaming

3. PSU (Power Supply)

Power Supply ini juga sangat penting untuk komponen PC. PSU ini untuk mengatur aliran listrik yang masuk kedalam CPU anda. Karena PSU ini bisa menjadi indikator seberapa tahannya komponen PC anda tentunya ditentukan oleh PSU juga. Maka dari itu saya akan memasukkan PSU dibawah ini :

  • Corsair AX1600i
    Merk Corsair ini sudah terkenal dimana – mana yang juga merupakan power supply terbaik. Maka dari itu untuk mendapatkan yang terbaik tentunya harus mengkocek kantong lebih dalam lagi. Namun dengan performa yang bagus dari Corsair ini dijamin tidak akan menyesal deh.
  • Cooler Master
    Cooler master elite memiliki harga yang masih dibawah corsair. Yaitu berkisar dari harga Rp.600 ribu anda sudah bisa mendapatkan PSU yang bagus, tentunya gaming juga lancar dong!
  • Seasonic Focus Plus Gold FX-550 W
    PSU ini dilengkapi dengan warna Gold yang akan membuat PC anda terlihat kece badai . PSU ini dibanderol dengan harga Rp.1,3 jutaan saja. PSU ini memiliki garansi selama 10 tahun, loh. Waktu yang lama, kan??
  • Rosewill Hive 750
    PSU ini bisa menampung hingga 2 VGA loh! Tentunya ini bisa membuat tampilan game yang anda mainkan semakin keren banget. Rosewill Hive memiliki garansi selama 3 tahun.  Selain itu, PSU ini juga memiliki daya sebesar 750 watt dengan harga PSU yang dibanderol Rp.1,2 juta.

Rekomendasi
PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli
Seasonic 620W Modular 80+ Bronze
PC Gaming : Minimal anda membeli Cooler Master MWE Gold 650 80+ gold full modular

4. Graphic Card – VGA (GPU)

GPU berfungsi untuk menghasilkan dan menyempurnakan olahan grafis terbaik visual kamu. Terlebih saat bermain game dapat lebih maksimal dengan GPU yang terbaik. Berbicara soal GPU, maka kamu tidak akan jauh-jauh dari Nvidia dan AMD Radeon. Nvidia dan AMD adalah 2 produsen yang selalu bersaing ketat dalam memproduksi graphic card.

  • NVIDIA
    NVIDIA memang sudah paling bagus untuk urusan Video Graphic. Gambar yang dihasilkan pun akan terlihat sangat realistis. Pada Tahun 2020 ini, NVIDIA telah merilis Graphics Card Terbaru miliknya yaitu NVIDIA GeForce RTX 3080.
    Rekomendasi
    PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli NVIDIA GeForce GT730
    PC Gaming : Minimal anda membeli NVidia GeForce GTX 1660 SUPER
  • AMD Radeon
    AMD Radeon juga tidak kalah saing dengan NVIDIA. Hasil yang dihasilkannya juga sangat memanjakan mata. Pilihan VGA ini tergantung pilihan anda sendiri. Di Tahun 2020 ini AMD juga merilis Graphics Card Terbaru yaitu AMD Radeon RX 5700 XT.
    Rekomendasi
    PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli AMD ATI RADEON HD7670
    PC Gaming : Minimal anda membeli AMD Ryzen 5 3400G

5. RAM (Random Access Memory)

Memori pada RAM berguna untuk menyimpan data sementara. Cara kerja RAM itu sendiri adalah melakukan reset setiap kali komputer dimatikan, sehingga saat dinyalakan kembali memori-nya akan terasa lebih ringan sehingga kinerja komputer akan terasa lebih cepat. RAM termasuk komponen yang paling penting dalam di dalam performa PC itu sendiri. Semakin besar RAM maka semakin besar juga data yang bisa diolah oleh komputer itu sendiri. Selain kapasitasnya, hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli RAM adalah frekuensinya. Misalnya Untuk Gaming, frekuensi minimum standarnya adalah 1600 MHz.

Rekomendasi :
PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli RAM 8 GB milik Corsair
PC Gaming : Minimal anda membeli Corsair Vegeance LPX 16GB (2x 8GB) DDR4-3200

6. Penyimpanan Hardisk (HDD) atau SSD (Solid State Disk)

HDD atau SSD adalah adalah sebuah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Komponen ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data – data anda seperti file – file document, foto, video dan data – data yang lainnya. Perbedaan dan persamaan HDD dengan SSD adalah sama – sama berguna untuk menyimpan berbagai data pada komputer secara permanen namun SSD lebih mengutamakan kecepatan dalam penyimpanan komputer dan tentunya karena SSD lebih cepat dalam membaca data, harga SSD pun jauh lebih mahal dari pada HDD.

Rekomendasi :
PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli HDD 1TB milik Seagate
PC Gaming : Minimal anda membeli SSD 1TB milik Vgen

7. Cooler

Cooler alias pendingin yang berbentuk seperti kipas angin kecil adalah salah satu hal yang cukup penting juga dalam perakitan sebuah PC. Peran penting yang ada di dalam cooler sendiri adalah befungsi untuk mendinginkan perangkat PC anda yang mencegah PC anda mengalami overheat atau terlalu panas pada PC anda hingga menyebabkan kerusakan. Terdapat 4 jenis cooler di dalam PC yaitu :

  • Heatsink Casing
  • Heatsink Fan (HSF)
  • Water Cooling (Liquid Cooler)
  • Dry Ice Cooler & Nitrogen Cair

Rekomendasi :
PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli Heatsink Casing atau Heatsink Fan (HSF)
PC Gaming : Minimal anda membeli Water Cooling (Liquid Cooler) milik Cooler master

8. Kasing komputer (Computer case)

Kasing komputer adalah salah satu hal terpenting dalam melakukan perakitan Komputer PC. Hal tersebut di karenakan sebuah tempat dan pelindung komponen no. 1 hingga no. 7, dan biasanya casing dibuat dari baja atau Aluminium. Kasing komputer juga memiliki tipe dan jenis yang berbeda yang memiliki keunggulan sendiri dan kecocokan di setiap komponen – komponen yang telah di jelaskan di atas. Tentunya semakin bagus dan mahal casing yang anda gunakan semakin bagus juga sirkulasi udara yang dapat dihasilkan.

Rekomendasi :
PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli Kasing Cooler Master Elite 110
PC Gaming : Minimal anda membeli Kasing Corsair Carbide 600C

9. Monitor

Monitor adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer PC tersebut dalam bentuk teks, gambar, ataupun video secara visual. Sebuah monitor memiliki resolusi yang berbeda – beda dalam menampilkan gambar yang dihasilkan dalam perangkat PC yang dihasilkan. Tentunya semakin besar resolusi monitor tersebut, semakin mahal dan bagus juga gambar yang di hasilkan. Untuk saat ini resolusi tertinggi yang di miliki oleh monitor PC adalah UHD 4K dengan ukuran layar 3840 x 2160 pixel. Monitor PC juga memiliki 4 jenis yaitu :

  • CRT (Chatode Ray Tube)
  • LCD (Liquid Crystal Display)
  • LED (Light Emitting Diode)
  • Monitor Plasma

Rekomendasi :
PC Office / Kerja : Cukup dengan membeli LCD Monitor 24inc
PC Gaming : Minimal anda membeli 32 Inch UHD 4K Curved

Oke sekian adalah peralatan yang bisa anda siapkan sebelum merakit PC gaming dan PC kantoran anda. Semoga berhasil.

Baca Juga : Tanpa download aplikasi! Ternyata begini caranya untuk membuka situs yang diblokir pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *