Lakukan Hal ini agar Smartphone Anda seperti baru setiap hari!

officialtollfree – Memiliki smartphone adalah salah satu kebutuhan primer di hidup yang serba canggih ini. Dengan adanya smartphone atau gadget, ini bisa membantu anda dalam melakukan pencarian info ataupun dalam melakukan pekerjaan lain seperti mempromosikan jasa ataupun mempromosikan produk anda.

Penggunaan smartphone terus menerus bisa memperburuk kinerja smartphone anda. Apalagi jika anda menggunakannya selama 24 jam sehari. Meskipun anda tidak memandang layarnya selama itu, namun lampu dan cahaya pada smartphone bisa menguras daya umur simpanan smartphone itu sendiri.

Maka dari itu, pada hari ini saya akan memberi tips untuk menjaga ataupun untuk mempercepat kinerja dari smartphone anda. Sebelum melangkah lebih jauh untuk mempercepat kinerja smartphone anda, perlu anda ketahui ada beberapa penyebab kinerja smartphone anda menurun. Misalnya adanya virus, aplikasi yang terlalu penuh atau bahkan anda terlalu banyak menginstal aplikasi yang tidak penting.

Berikut adalah cara untuk menjaga kinerja smartphone anda.

Cara Terbaik Rawat Smartphone Anda

Cara untuk menjaga kinerja Smartphone

  1. Scan Virus Berkala di Smarphone Anda
    Anda harus mengecek terlebih dahulu apa ada virus yang masuk ke dalam smartphone anda. Biasanya, virus bisa masuk ke dalam smartphone dikarenakan kamu suka download atau mengunduh video / aplikasi / lagu / dokumen pada tempat yang tidak resmi alias lewat browser. Pengunduhan memang tidak berbahaya untuk smartphone anda, tapi kalau bisa pilihlah tempat download yang bebas dari virus. Untuk menghilangkan virus yang terlanjur ada pada smartphone anda, anda bisa menggunakan Virus Scanner yang ada di Google Play Store / App Store.
  2. Bersihkan File yang tidak berguna
    Memiliki file yang terlalu banyak dan tidak berguna bisa memperberat kinerja smartphone anda. Usahakan jika anda sudah menggunakan file, anda dapat menghapusnya secara berkala agar  kinerja smartphone anda terjaga.
  3. Matikan Animasi / Gambar bergerak
    Memiliki wallpaper dengan animasi ataupun keyboard dengan animasi memang sangat keren, namun jika anda ingin smartphone anda tetap seperti baru, saya sarankan anda tidak  perlu menggunakan animasi yang ada. Karena dengan menggunakan animasi ini dapat membuat smartphone anda lemot.
  4. Dinginkan smartphone
    Apabila smartphone anda overheat, karena terlalu kepanasan anda bisa mengakalinya dengan cara mematikkan smartphone secara berkala. Penggunaan smartphone terus menerus bisa membuat smartphone anda menjadi kepanasan /  overheat. Biasanya, overheat ini terjadi pada smartphone yang digunakan untuk kerja berat misalnya dengan memainkan game terus menerus. Ingat, smartphone anda juga membutuhkan istirahat.
  5. Jangan menginstal aplikasi di luar Google Play Store / App Store
    Seperti yang telah saya jelaskan di atas, jika anda menginstal file dari sumber yang tidak jelas ini bisa menjadi salah satu penyebab smartphone anda lemot. Hindari kebiasaan ini.
  6. Hindari mengisi daya Smartphone menggunakan PC atau Laptop
    Terkadang, pada saat terdesak kita memang memerlukan mengisi daya lewat PC / Laptop kita. Namun, tanpa disadari pengisian daya menggunakan PC / Laptop. Sebenarnya sah – sah saja jika smartphone anda di isi dayanya menggunakan Laptop / PC yang bebas virus. Karena jika ada virus / malware di PC / Laptop yang anda gunakan untuk mengisi daya smartphone  anda, virus tersebut juga bisa menyebar ke smartphone anda.
  7. Lakukkan pembersihan smartphone secara berkala
    Smartphone yang anda  pegang setiap hari pastinya memiliki kandungan debu, minyak dan lain sebagainya. Maka dari itu, kita harus sering – sering membersihkan perangkat kita agar kebersihannya terjaga.
  8. Hindari menggunakan Smartphone pada saat di charge
    Penggunaan smartphone pada saat di charge bisa menyebabkan baterai smartphone anda bocor. Pastinya anda tidak mau hal ini terjadi, bukan? Meski sulit untuk di terapkan dalam kehidupan sehari – hari kita harus menahan semua keinginan kita untuk menggunakan smartphone pada saat diisi dayanya demi kebaikan smartphone itu sendiri. Apabila memang sudah terpaksa anda bisa menggunakan smartphone anda namun usahakan jangan terlalu sering memainkannya pada saat di charge, ya!

Oke sekian saja cara untuk menjaga kinerja smartphone anda. Seperti halnya peralatan lain, smartphone juga membutuhkan perhatian khusus agar tetap terjaga kinerjanya. Selamat mencoba!

Baca Juga : Video di HP anda terhapus? Begini cara mengembalikannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *