šŸŒ‡Pembahasan dan Harga Kabel NYY dan 10 Jenis Kabel Lainya!

Kabel NYY – Untuk orang yang baru bergelut di dunia teknik elektro, pasti akan kesulitan membedakan berbagai macam jenis kabel listrik. Ada beberapa jenis kabel listrik seperti Kabel NYY, NYA, NYM, dll. Namanya mirip, namun berbeda sekali.

Ukuran, fungsi, manfaat, hingga pengunaanya adalah yang menjadikan pembeda serta penentuan nama-namanya. Namun yang berkaitan dengan nama, yang membuat nama suatu kabel adah bahan buatan kabel tersebut. Dan teknisi perlu mengetahui jenis-jenis kabel listrik agar bisa menerapkan kabel dengan tepat dan sesuai kapasitas yang ada.

Makanya sekarang kita akan membahas perbedaan dari jenis-jenis kabel listrik tersebut.

Yuk kita mulai.

Pengertian Kabel Listrik

kabel listrik NYY

Kabel listrik adalah sebuah kawat penghantar listrik atau bisa disebut sebagai media penghantar arus listrik menuju sebuah perangkat atau lebih yang membutuhkan listrik, sehingga perangkat tersebut mampu bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Dan kemampuan dalam menghantar arus listrik sesuai dengan KHA atau Kemampuan Hantar Arus yang dimiliki kabel dalam satuan Ampere (A). Faktor luas penampang padakonduktor yang ada di dalam kabel listrik berpengaruh pada kemampuan hantar arus ini. Sedangkan tegangan listrik disebutkan dengan Volt (V), dan besar suatu daya yang diterima dinyatakan dengan satuan Watt (P).

Rumus:
P (Daya) = V (Tegangan) x I (Arus)

Pengelompokan Kabel Listrik

Kabel listrik-pun juga dikelompokan, walaupun jenis dari kabel listrik ini fungsinya sama, namun kapasitas dan kemampuanya-pun berbeda. Berikut adalah kelompok dari kabel listrik:

  1. Kabel listrik tegangan tinggi
  2. Kabel listrik tegangan menengah atau sedang
  3. Kabel listrik tegangan rendah

Baca juga: Terlengkap! 8 Susunan Warna Kabel Straight dan Cross

Bagian-bagian Kabel Listrik atau Komponen Kabel Listrik

bagian-bagian kabel nyy

Kabel-kabel ini setidaknya memiliki 3 bagian utama yaitu inti tembaga, isolator, dan pelindung kabel. Lalu dikelompokan menjadi 2 bagian yaitu konduktor (yang menghantarkan arus listrik) dan isolator (yang tidak dapat menghantarkan arus listrik)

Berikut penjelasanya:

  1. Konduktor

Inti tembaga adalah bagian dari konduktor yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Kemampuan kapasitas suatu inti tembaga tergantug pada jenis konduktor dalam kemampuanya menghantar listrik, dan ini sangat dipengaruhi oleh jenis dan ukuran dari inti tembaga atau konduktor yang digunakan suatu kabel.

Bahan dari inti ini bisa tembaga, aluminium, atau logam yang berserabut. Bahkan ada juga yang menggunakan perak dan emas, tergantung penggunaan dan biasanya harganya mahal.

  1. Isolator

Nah, kabel juga butuh bagian aman jika dijangkau oleh manusia. Makanya ada isolator yang merupakan pembungkus konduktor dan tidak mampu untuk menghantarkan arus listrik.

Isolator ini bertujuan untuk melindungi kabel agar tidak terpengaruh oleh pengaruh alam sekitar, melindungi perangkat supaya tidak terjadi konslet, dan pastinya melindungi manusia agar tidak tersengat aliran listrik atau kesetrum.

Umumnya isolator ini berbahan karet, plastik, ataupun polymer. Isolator yang lebih abik dalam menghambat arus listrik dan menahan panas, semakin baik juga kualitas isolator yang dimiliki oleh kabel listrik.

Jenis-jenis Kabel Listrik

Kita akan mengetahui jenis-jenis kabel listrik sebelum kita bahas satu-satu agar memudahkan kita mengetahui dulu apa saja jenis dari kabel listrik tersebut.

Berikut adalah jenis-jenis kabel listrik yang biasanya dipakai di Indonesia:

  1. Kabel Listrik NYY
  2. Kabel Listrik NYA
  3. Kabel Listrik NYM
  4. Kabel Listrik NYAF
  5. Kabel Listrik NYCY
  6. Kabel Listrik NYMHYO
  7. Kabel Listrik NYMHY/NYYHY
  8. Kabel Listrik NYRGBY
  9. Kabel Listrik AAAC
  10. Kabel Listrik ACSR
  11. Kabel Listrik ACAR

Kabel NYY

kabel nyy

Kabel NYY adalah kabel yang mempunyai lebih dari 1 inti tembaga dengan dilengkapi isolasi PVC dan selubung luar dengan bahan PVC juga. Kabel NYY juga menjadi penyempurna bagi kabel NYA dan NYM. Kabel NYY sangatlah cocok untuk dijadikan jalur instalasi listrik tetap seperti yang ada di bawah tanah maupun tempat luar ruangan lainya, namun masih harus diberikan pelindung khusus contohnya pipa.

Kepanjangan Kabel NYY
N: Kabel inti tembaga
Y: Isolasi PVC
Y: Selubung luar isolasi PVC

Inti tembaga dari kabel NYY ini ada 2,3, dan 4 dengan adanya lapisan isolasi PVC yang warnanya hita. Bahan yang dikandung isolator adalah bahan yang cocok untuk jenis kabel NYY, memiliki konstruksi yang lebih kaku dan kuat, karena adanya selubung tambahan dan bahanya anti gigitan tikus.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYY

Kabel ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi inilah beberapa kelebihan dan kekurangan kabel NYY untuk membantumu dalam mempertimbangkan dalam penggunaanya.

Kelebihan
Ketahan kabel NYY sangat kuat dan lebih aman, mampu ditanam di dalam tanah.

Kekurangan
Harganya mahal.

Harga Kabel NYY

Untuk harganya sendiri kalian bisa melihat di marketplace dengan berbagai harga dan merk yang tentu saja berpengaruh pada kualitas sebuah kabel.

Namun, kisaran dari kabel NYY ini ada di angka Rp322,000 untuk 2 inti kabel 1,5mm dan Rp434,000 untuk 2 inti kabel 2,5mm.

Kabel NYA

kabel nya

Kabel NY adalah kabel tembaga tunggal yang dilengkapi isolator terselubung dengan memakai bahan PVC. Biasanya kabel NYA ini dipakai pada instalali listrik sebuah rumah berikut juga dengan sistem tenaga.

Kepanjangan dari Kabel NYA
N: Kabel inti Tembaga
Y: Isolasi PVC
A: Kabel Tunggal

Untuk ukuranya sendiri, kabel NYA memiliki rata-rata diameter sekitar 1,5mm – 2,5mm. Warna yang digunakan pada isolator pembungkus kabel NYA adalah warna merah, biru, kuning, dan hitam, yang dimaksudkan untuk lebih mudah dalam pemasangan pada jalur jaringan instalasi listrik.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYA

Kabel ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi inilah beberapa kelebihan dan kekurangan kabel NYA untuk membantumu dalam mempertimbangkan dalam penggunaanya.

Kelebihan
Termasuk pada kabel inti tunggal yang sederhana dan mudah dalam meng-instalasi kabel listrik, membuatnya mudah dilakukan jika ada tarikan kabel tertentu, hargaya juga terjangkau.

Kekurangan
Hanya ada 1 lapisan pada isolasi PVC, dan tidak tahan jika ada gigitan hewan pengerat seperti tikus, selain itu tidak tahan atau gampang cacat terhadap cuaca hujan maupun panas. Untuk mengakalinya biasanya orang menggunakan saluran pipa PVC, agar terlindunginya jalur jaringan kabel, dan bisa juga dipasang di udara yang agak susah dijangkau.

Harga Kabel NYA

Untuk harganya sendiri kalian bisa melihat di marketplace dengan berbagai harga dan merk yang tentu saja berpengaruh pada kualitas sebuah kabel.

Namun, kisaran dari kabel NYA ini ada di angka Rp2,200 – Rp300,000 per meternya.

Baca juga: Tentang Kabel Coaxial dan 9 Hal yang Perlu Kamu Tau!

Kabel NYM

kabel nym

Kabel NYM adalah kabel yang mempunyai konduktor ataupun tembaga lebih dari satu, yang dilengkapi isolator terselubung dengan bahan PVC. Instalasi tetap bangunan (penempatanya di luar maupun di dalam tembok) dibuat dengan kabel khusus yaitu kabel NYM.

Kepanjangan dari kabel NYM
N: Kabel Tembaga
Y: Isolasi PVC
M: Inti kabel lebih dari satu

Untuk ukuranya sendiri, kabel NYM sangatlah tergantung pada berapa banyak jumlah inti kabel tembaga, bisa terdiri dari 2 sampai 4, jika memang diperlukanya untuk tambahan grounding. Lapisan isolator PVC kabel NYM ini memiliki warna putih dan abu-abu, yang umumnya ada.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYM

Kabel ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi inilah beberapa kelebihan dan kekurangan kabel NYM untuk membantumu dalam mempertimbangkan dalam penggunaanya.

Kelebihan
Adanya 2 lapis isolasi yang dimiliki, makanya kabel NYM ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Kabel NYM juga bisa juga dipakai pada area yang basah ataupun area yang kering.

Kekurangan
Kabel ini, pada penggunaanya tidak bisa langsung ditanam ke dalam tanah, dan harganya juga termasuk mahal.

Harga Kabel NYM

Untuk harganya sendiri kalian bisa melihat di marketplace dengan berbagai harga dan merk yang tentu saja berpengaruh pada kualitas sebuah kabel.

Namun, kisaran dari kabel NYM ini ada di angka Rp7000 – Rp63,000 per meternya.

Kabel NYAF

kabel nyaf

Mirip dengan kabel NYA dari segi konstruksinya, yaitu sama-sama mempunyai inti tunggal dengan 1 lapisan isolator PVC. Namun yang membuat kabel NYAF ini beda adalah inti tembaga yang digunakan adalah jernis serbut. Seringnya, kabel NYAF dipakai untuk instalasi panel yang diperlukan fleksibilitas tinggi seperti tempat yang banyak belokan tajam.

Isolasi dari kabel NYAF ini terbilang tipis dan warnanya-pun beragam. Dan kesamaan kabel NYAF dengan kabel NYA (lainya) adalah kabel ini perlu pelindung pipa juga.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYAF

Kabel ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi inilah beberapa kelebihan dan kekurangan kabel NYAF untuk membantumu dalam mempertimbangkan dalam penggunaanya.

Kelebihan
Inti penghantar tembaga yang berserabut itu membuatnya mudah dalam instalasi.

Kelemahan
Dalam penggunaan maupun instalasi, tidak disarankan untuk dipakai di area yang kondisinya lembab, basah, dan mudah terkena pengaruh cuaca secara langsung.

Harga Kabel NYAF

Untuk harganya sendiri kalian bisa melihat di marketplace dengan berbagai harga dan merk yang tentu saja berpengaruh pada kualitas sebuah kabel.

Namun, kisaran dari kabel NYAF ini ada di angka Rp2,800 – Rp450,000 per meternya.

Kabel NYCY

kabel nycy

Untuk kabel NYCY biasanya diperlukan sebagai penghantar dalam ruangan, ditanam di dalam tanah maupun sebagai jaringan di luar ruangan dan alam terbuka. Lapisan yang dimiliki oleh kabel NYCY ini adalah lapisan pita serabut tembaga yang kuat, yang ada di antara selubung dalam dan luar, yang dibaut dari bahan PVC.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYCY

Kabel ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi inilah beberapa kelebihan dan kekurangan kabel NYCY untuk membantumu dalam mempertimbangkan dalam penggunaanya.

Kelebihan
Isolatornya tebal, membuatnya tahan lama dari segala kondisi cuaca, lembab maupun kering.

Kelemahan
Harganya terbilang mahal.

Harga Kabel NYCY

Untuk harganya sendiri kalian bisa melihat di marketplace dengan berbagai harga dan merk yang tentu saja berpengaruh pada kualitas sebuah kabel.

Kabel NYMHY/NYYHY

kabel nymhy

Biasanya kabel NYMHY/NYYHY ini digunakan pada instalasi dalam rumah yang tidak permanen alias bersifat sementara. Inti tembaga yang ada di kabel NYMHY/NYYHY ini bentuknya serabut dan terdiri dari 3 inti dengan lapisan isolator yang melindungi sehingga aman bagi jangkauan manusia.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi inilah beberapa kelebihan dan kekurangan kabel NYMHY/NYYHY untuk membantumu dalam mempertimbangkan dalam penggunaanya.

Kelebihan
Kabel ini fleskibel dan tidak mudah patah (makanya sering digunakan sebagai penghubung alat elektronik di rumah yang sering digunakan) dan intalasinya-pun mudah karena inti dari kabel ini berbentuk serabut.

Kelemahan
Sangat tidak cocok digunakan pada ruangan luar.

Kabel NYRGbY/NYFGbY

kabel nyrgby

Kabel NYFGBY adalah kabel yang inti tembaganya 1 ataupun lebih dengan isolasi PVC, lalu dilindungi oleh kawat baja bulat, serta terlilit dengan plat baja dan isolasi luar yang bahanya PVC.

Kepanjangan kabel NYARGBY
N: Kabel inti tembaga
Y: Isolasi PVC
R: Pelindung kawat baja bulat
Gb: Terlilit oleh plat baja
Y: Isolasi PVC

Instalasi listrik tepat dalam tanah (permanent) menggunakan kabel NYRGBY/NYFGBY, yang ditanam langsung tanpa adanya pelindung tambahan, karena ketahanan daya dari kabel ini sudah sangat kuat. Namun, jika ditanam di bawah jalan raya, masih diperlukanya pelindung tambahan berupa PVC tambahan.

Saran untuk memasang kabel ini jika ditanam, kedalaman maksimalnya 80cm.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYRGBY/NYFGBY

Kabel ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi inilah beberapa kelebihan dan kekurangan kabel NYMHY/NYYHY untuk membantumu dalam mempertimbangkan dalam penggunaanya.

Kelebihan
Isolator yang dimiliki kabel ini sangat baik, dan bisa dibilang kabel listrik yang paling kuat dibanding jenis kabel lainya.

Kekurangan
Harganya mahal

Harga Kabel NYRGBY/NYFGBY

Untuk harganya sendiri kalian bisa melihat di marketplace dengan berbagai harga dan merk yang tentu saja berpengaruh pada kualitas sebuah kabel.

Namun, kisaran dari kabel NYAF ini ada di angka Rp12,500 – Rp935,000 per meternya.

Kabel Listrik AAAC

kabel aaac

Kabel AAAC atau All Aluminium Alloy Conductors adalah kabel yang dibuat dari bahan campuran alumunium dan magnesium. Termasuk pada kabel yang tidak mempunyai isolator sebagai pelindung karena kabel ini bukanlah kabel sembarang.

Digunakan untuk penghantar anti petir ke grounding. Dengan kelebihan kabel AAAC ini (terbuat dari alumunium), kabel ini tahan karat, daya dan kekuatan hantarnya sangat baik.

Kabel Listrik ACSR

kabel acsr

Kabel ACSR atau Aluminium Conductor Steel-Reinforced, kabel ini bukan untuk instalasi tegangan kecil maupun instalasi listrik rumah. Kabel ini digunakan untuk perusahaan listrik saja, seperti PLN.

Fungsi utama dari kabel ACSR adalah untuk menghantarkan transmisi ber-tegangan tinggi antar menara distribusi listrik.

Kabel ACSR terbuat dari kawat, yang mampu menjadi penghantar, berbahan aluminium yang inti kabelnya kawat baja dan termasuk kabel yang tidak mempunyai isolator dengan maksud mendinginkan inti utama dari kabel.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer dan 4 Hal Lainya yang Wajib Diketahui!

Kabel Listrik ACAR

kabel acar

Kabel ACAR atau Aluminium Conductor Alloy Reinforced adalah kabel yang lebih kuat dari kabel ACSR, karena kawat penghantar yang dimiliki oleh kabel ini diperkuat lagi dengan logam campuran.

Namun, kegunaanya-pun terbilang sama, sebagai transmisi listrik serta jalur distribusi listrik dari perusahaan listrik, macam PLN.

Penutup

Itulah penjelasan tentang kabel NYY dan 10 jenis kabel listrik lainya. Semoga kalian bisa mudah memahami dan membedakan setiap-tiap kabel yang ada. Mulai dari kabel NYY hingga kabel yang terakhir! Jangan lupa, kalau masih ada yang bingung bisa tulis di kolom komentar ya, dan tunggu artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Sampai jumpa!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *