Cara Screenshot di Windows 10

Screenshot menjadi kebiasaan kita yang sering menggunakan gadget untuk keperluan sehari-hari. Entah itu bekerja maupun bersosialisasi.

Jika screenshot di hp begitu mudah, namun bagi sebagian orang yang menggunakan laptop ataupun pc berbasis windows, masih banyak, lho yang belum mengetahui bagaiaman cara screenshot di windows 10.

Maka dari itu, kita akan membahas berbagai macam cara screenshot di windows 10, dari yang mudah sampai yang ribet. Dari yang menggunakan aplikasi sampai tidak perlu menggunakan aplikasi.

Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini.

Cara Screenshot di Windows 10 dengan Keyboard

Nah, kita akan mulai dengan menangkap layar hanya menggunakan keyboard saja, tanpa perlu menggunakan aplikasi. Ini juga bisa disebut sebagai cara screenshot di Windows 10 tanpa aplikasi.

Yuk, kita mulai.

1. Menekan Tombol [prt sc] atau Print Screen

Tombol Print Screen untuk screenshot

Jika kalian yang ingin mengankap ke seluruhan layar laptop anda yang sedang aktif, tidak ingin tersimpan di folder, dan langsung paste atau tempel di Microsof Word, Power Point, dan sebagainya, kalian bisa langsung menekan tombol print screen atau seperti yang ada di laptop saya bertulisakan [prt sc].

Biasanya tombol ini berada di bagian keyboard sebelah kanan atas.

Perlu diingat, menggunakan cara ini tidak membuat hasil tangkapan layar ada berada di folder, namun harus di paste di aplikasi lainya dan baru bisa anda save.

Caranya:

  1. Saat layar anda sudah aktif atau yang anda ingin screenshot, langsung tekan tombol [prt sc]
  2. Lalu buka aplikasi seperti Paint, Photoshop, dsb. Saya ambil contoh di Paint.
  3. Kemudian tekan tombol [ctrl] + [v].
  4. Gambar yang sudah di-screenshot sudah tertempel di Paint.
  5. Terakhir, anda bisa edit atau langsung save di folder yang anda inginkan.
cara screenshot di windows 10 dengan mudah
sumber: kumpulancatatan

2. Menekan tombol [Windows] + [prt sc] atau Print Screen

cara screenshot di windows 10 dengan menggunakan tombol windows dan print screen

Untuk cara yang kedua ini, sama-sama menangkap keseluruhan layar yang sedang aktif, namun tidak perlu repot-repot di-paste ke aplikasi lain untuk menyimpanya. Karena menggunakan cara ini sudah otomatis tersimpan di dalam file anda.

Berikut caranya:

  1. Saat layar anda sudah aktif atau yang anda ingin screenshot, langsung tekan tombol [Windows] + [prt sc].
  2. Biasanya ada efek kelip sesaat menandakan layar sudah ter-screenshot.
  3. Buka file explorer.
  4. buka folder pictures kemudian buka folder screenshot untuk melihat gambar yang sudah anda screenshot.

Ingat, ya tidak semua keyboard tombol print screen-nya bertuliskan prt sc, namun kebanyakan keyboard untuk print screen tulisanya print screen juga. Yang jelas fungsinya tetap sama.

3. Menekan Tombol [Alt] + [Print Screen]

cara screenshot di windows 10 dengan menggunakan alt dan print screen

Catatan: Biasanya di laptop menambahkan tombol [fn] untuk ditekan. Jadi: [Alt] + [fn] + [Print Screen].

Cara yang ketiga ini sama dengan cara nomor 1, cuman yang membedakan adalah gambar yang diambil hanya 1 window alias taskbar-nya tidak terambil.

Berikut caranya:

  1. Tekan [Alt] + [Print Screen] atau [Alt] + [fn] + [Print Screen] di window atau jendela yang ingin anda ambil gambarnya.
  2. Lalu buka aplikasi seperti Paint.
  3. Tekan paste atau [ctrl] + [v] untuk menempelkan gambar.
  4. Kemudian bisa anda edit atau langsung menyimpan di dalam folder yang anda inginkan.

Cara Screenshot di Windows 10 Menggunakan Aplikasi

Walaupun sedikit ribet karena membutuhkan aplikasi lain mengambil gambar pada layar PC anda, namun kelebihan menggunakan aplikasi untuk screenshot ini adalah anda bisa mengambil sebagian layar PC yang anda inginkan saja. Jadi, tidak perlu edit dan crop hasil dari screenshot seluruh layar.

Berikut beberapa aplikasi yang banyak digunakan untuk screenshot.

1. Snipping Tools

cara screenshot di windows 10 menggunakan aplikasi snipping tools

Aplikasi atau software bawaan dari Windows ini juga sangat berguna untuk menangkap layar yang kalian inginkan. Selain sebagian layar yang ingin kita gunakan saja, kita juga bisa mengambil seluruh layar.

Intinya ada 4 metode screenshoot yang ditawarkan oleh Snipping Tools

  1. Free-from Snip: yang berfungsi untuk mengambil sesuai bentuk yang kita inginkan.
  2. Rectangular Snip: berfungsi untuk mengambil gambar dengan bentuk persegi.
  3. Window Snip: Mengambil gambar sesuai dengan window atau jendela yang dipilih.
  4. Full-screen Snip: Mengambil gambar dengan ukuran seluruh layar penuh.

Ada juga fitur ‘Delay‘ yang menawarkan anda untuk memberikan jeda waktu dalam proses screenshot.

Untuk caranya, bisa kalian nonton video di bawah ini:

2. Picpick

aplikasi screenshot dengan aplikasi picpick

Software yang cukup populer selanjutnya adalah Picpick. Yang bikin beda dengan tools lainya adalah, Picpick menawarkan pengeditan gambar hasil screenshot dari basic hingga advanced.

Cara menggunakan tools ini adalah, buka Picpick kemudian tekan tombol [Prt Sc] di layar atau jendela yang kalian inginkan, maka otomatis gambar hasil screenshot akan masuk ke jendela editor di Picpick.

3. Game Bar

screenshot menggunakan aplikasi game bar
Sumber: WinPoin

Windows 10 juga memiliki beberapa software keren dalam menunjang aktivitas kita di PC. Game Bar ini seperti yang kita tahu, mampu merekam layar kita atau screen record, maka mampu juga untuk screenshot layar kita.

Berikut caranya:

  1. Tekan tombol [Windows] + [G].
  2. Kemudian klik ‘Screenshoot‘ atau tekan tombol [Windows] + [Alt] + [PertSc]. Setelah itu masuk tersimpan di folder, yang secara default berada di C:\Users\User\Videos\Captures.

4. Lightshot

cara screenshot di windows 10 menggunakan aplikasi lightshot

Aplikasi yang satu ini juga termasuk populer dan terbilang powerful. Selain mengambil gambar, kita bisa edit screenshot, unggah ke internet, sampai mencari gambar sejenis! Aplikasi ini tersedia di segala platform dan beberabagai browser seperti Chrome, Firefox, dan Internet Explorer.

Kamu bisa langsung download gratis dan langsung menggunakan aplikasi Lightshot ini.

5. TinyTake

screenshot menggunakan aplikasi tinytake

Selain berfungsi sebagai screenshot, TinyTake mampu juga menjadi perekam layar. TinyTake ini bisa membuat catatan di screenshot yang kita ambil, ataupun video yang kita rekam.

Jika kamu memutuskan untuk share hasil tangkapan layar-mu atau rekaman video-mu, kamu bisa langsung menggunakan penyimpanan cloud TinyTake atau unggah ke YouTube untuk video.

Namun, ada versi gratisnya hanya memiliki batas merekam 5 menit untuk video dan penyimpanan cloud hanya sebatas 2GB saja.

6. Screenpresso

screenshot menggunakan aplikasi screenpresso

Mau ambil gambar seluruh layar ataupu sebagian saja bisa dilakukan oleh aplikasi Screenpresso. Bisa juga jika anda ingin screenshot semua halaman website termasuk saat kalian scrolling. Plus-nya lagi, bisa merekekam layar ke dalam bentuk video kualitas HD.

Ditambah lagi, aplikasi ini didukung dengan image editor, widget, dan bisa mengirim hasil screenshot ke cloud Screenpresso, Microsoft OneDrive, Google Drive, Dropbox, Youtube, Evernote, dan media sosial.

Namun, sayangnya untuk versi gratisan akan ada watermark Screenpresso di video capture, image editor yang terbatas, dll.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk screenshot yang bisa anda lakukan di Windows 10 yang berada di PC atau Laptop Anda. Pada akhirnya semua cara yang di atas hanyalah sebuah tools atau kombinasi tombol yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Apakah kalian ingin langsung tempel di aplikasi yang anda ingin gunakan, atau menyimpanya terlebih dahulu di folder pilihan Anda?

Jangan lupa hubungi admin kalau ada kritik dan saran di Contact Us atau bisa tinggalkan komentar di kolom komentar ya!

Leave a Comment