Bingung Cari Cara Membuka Control Panel? Ini Caranya

Officialtollfree – Cara membuka control panel di Windows 10 sangatlah mudah dan banyak caranya. Bisa melalui kolom search taskbar, CMD dan yang lainya. Beberapa pengaturan hanya muncul di kontrol panel, beberapa di aplikasi Pengaturan, dan beberapa di keduanya . Berikut cara menemukan kontrol panel, yang sedikit lebih tersembunyi daripada di Windows 7.

Di Windows 7, Anda dapat mengklik tombol Start dan mengklik “Control Panel”. Di Windows 8 dan 8.1, Anda dapat mengklik kanan tombol Start atau menekan Windows + X dan mengklik “Control Panel”. Tak satu pun dari metode tersebut berfungsi pada versi terbaru Windows.

Namun, meluncurkan Control Panel pada Windows 10 sangat mudah: klik tombol Start atau tekan tombol Windows, ketik “Control Panel” ke dalam kotak pencarian di menu Start, dan tekan Enter. Windows akan mencari dan membuka aplikasi Control Panel.

Meluncurkan kontrol panel dari menu Start Windows 10

Jika Anda sering menggunakan kontrol panel, klik kanan ikon bilah tugas kontrol panel setelah meluncurkannya dan pilih “Sematkan ke Bilah Tugas”. Anda kemudian dapat dengan mudah meluncurkannya dari bilah tugas Anda.

Menyematkan pintasan kontrol panel ke bilah tugas Windows 10

Anda juga dapat membuat pintasan desktop ke kontrol panel. Buka menu Start, gulir ke bawah ke bagian bawah daftar Apps di panel kiri, dan klik folder “Sistem Windows”. Seret dan lepas pintasan “kontrol panel” ke desktop Anda.

Membuat pintasan desktop ke kontrol panel di Windows 10

Anda juga memiliki cara lain untuk menjalankan kontrol panel. Misalnya, Anda dapat menekan Windows + R untuk membuka dialog Run lalu ketik “control” atau “control panel” dan tekan Enter.

Perintah ini juga dapat dijalankan dari jendela Command Prompt atau PowerShell.

Perintah untuk meluncurkan kontrol panel pada Windows 10

Anda sering kali tidak perlu mengakses kontrol panel secara langsung — itulah yang diandalkan Microsoft. Bahkan saat Anda menggunakan aplikasi Pengaturan, banyak halaman pengaturan tertaut ke applet kontrol panel individu yang menawarkan pengaturan tambahan.

Bahkan panel Tambah atau Hapus Program baru di Pengaturan terhubung ke alat Program dan Fitur klasik, yang juga dikenal sebagai panel “Copot pemasangan atau ubah program”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *